Selasa, 26 April 2011

Pelihara Burung

Cara Menjinakkan Kacer Poci dan Kacer HitamBanyak di antara para kicau mania merasa kesulitan mencari cara untuk menjinakkan kacer, entah itu kacer poci maupun kacer hitam. Apa sebab? Kacer-kacer tersebut biasanya Mudah Hutan. Sehingga apabila perawatan awal tidak tepat sasaran, burung tersebut bukanya makin jinak malah makin giras. Sayangnya, tidak ada aturan baku dalam masalah ini. Setiap orang biasanya memiliki cara yang berbeda-beda dalam menjinakkan kacer. Dan jeleknya, tidak semua pendapat yang ada bisa di aplikasikan ke burung kacer kita masing-masing. Perlu adanya modifikasi yang harus disesuaikan dengan kondisi burung pada saat “ini”.

Harga Cucak Jenggot Menggila

Harga Cucak Jenggot Menggila.Setahun yang lalu, jumlah gantangan untuk kelas cucak jenggot bisa di hitung dengan jari. Namun, pada tahun 2011 ini kenyataan tersebut justru berbanding terbalik. Entah di event sekelas latber ato lomba sekalipun, kelas Cucak Jenggot selalu di penuhi oleh peserta, terutama untuk daerah Jawa Tengah dan Jakarta. Mungkin, fenomena ini pun terjadi untuk daerah-daerah lain.
Yang lebih mencengangkan, harga cucak jenggot menggila layaknya kapas tembak yang sudah ngetrend terlebih dahulu. Menurut beberapa sumber, harga Cucak Jenggot eks lomba bisa mencapai 20 juta.

Ciri Cucak Rowo Jantan dan Betina

Cucak Rowo atau Cucak Rawa merupakan burung dengan ukuran sedang. Bila di ukur dengan seksama, panjang tubuh cucak rowo (dari kepala sampai ujung ekor) sekitar 28cm, tak jauh beda dengan cucak jenggot. Cucak Rowo atau Pycnonotus zeylanicus, seperti nama yang disandangnya memiliki habitat asli disekitar rawa, tepian sungai atau tepian hutan. Ciri-ciri umum dari burung cucak rowo adalah sebagai berikut:

Ciri Kacer Poci Jantan

Kacer (Copsychus Saularis) merupakan salah satu burung fighter dengan kicauan yang sangat merdu seperti murai batu. Baik kacer poci maupun kacer hitam, rata-rata memiliki kemampuan untuk menirukan kicauan burung lainnya. Oleh karenanya kacer poci dan kacer hitam sangat digemari di kalangan kicau mania Indonesia. Selain bagus untuk sekedar hobi, kacer dapat pula dipelihara untuk tujuan lomba, khususnya kacer putih atau dada putih. Sementara untuk kacer hitam, lebih sering kita jumpai sebagai burung kelangenan meski tidak jarang ada pemain yang membawanya ke arena lomba. Namun demikian, secara umum kacer hitam lebih memiliki nilai jual dibanding dengan kacer putih. Alhasil, banyak penangkar lebih memilih indukan kacer hitam dibanding dengan kacer poci.

Ciri Kapas Tembak Jantan / Jenggot Tembak Jantan

Sebelum mengulas lebih dalam mengenai ciri kapas tembak jantan dan atau jenggot tembak jantan, mungkin ada baiknya untuk menyamakan persepsi tentang ciri-ciri kapas tembak terlebih dahulu. Kapas Tembak, bagi sebagian orang disebut pula sebagai jenggot tembak dan atau sebaliknya. Namun, apakah 2 nama ini merupakan representasi dari 1 burung? Berdasar pada beberapa sumber yang ada di media cetak maupun online, Kapas Tembak merupakan jenis tersendiri dan tidak dapat disamakan dengan jenggot tembak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar